Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan– Daun kelor adalah salah satu jenis sayuran yang sekarang terkenal. Daun kelor asli Indonesia sudah terkenal manfaatnya sampai ke luar negeri. Banyak penelitian menemukan manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh.

Daun kelor sudah dianggap sebagai tanaman ampuh sebagai obat herbal segala penyakit. Kandungan vitamin C daun kelor lebih banyak dari sayur dan buah lain. Dan juga kandungan vitamin A dan potasium dalam daun kelor sangat tinggi. Sehingga jika daun kelor dianggap sebagai tanaman ajaib yang sangat bagus bagi pengobatan penyakit.

Kelor atau Moringa oleifera adalah tumbuhan dari jenis suku Moringaceae. Daun kelor berbentuk bulat lonjong, serta memiliki ukuran kecil tersusun rapi pada sebuah tangkai. Daun kelor dimasak sebagai sayur untuk pengobatan dan menjaga tubuh sehat. Memiliki bunga dengan warna putih kekuning-kuningan yang mengeluarkan bau dengan bau semerbak. Daun kelor memiliki buah dengan bentuk segitiga.

Manfaat dan kegunaan daun kelor yaitu untuk menjaga tanah agar tidak longsor. Karena air hujan dapat di tahan oleh sistem akar tumbuhan kelor rapat. Telah digunakan di kawasan Konso dan juga Arba Minch untuk konservasi tanah dan terasering. Saat ketika musim kemarau datang maka akar disekitar pohon kelo menyimpan air. Akar ini akan menjadi simpanan sumber air bagi tanaman lain.

manfaat daun kelor
Daun Kelor

Kandungan daun kelor membuat daun kelor mempunyai banyak sekali manfaat. Manfaat daun kelor bagi tubuh untuk kesehatan sangat bermanfaat. Dari mengobati penyakit dalam sampai penyakit luar. Berikut manfaat yang bisa diambil dari daun kelor untuk kesehatan anda.

1. Mengobati penyakit diabetes

Salah satu kegunaan daun kelor untuk diabetes dapat mengurangi kadar gula dalam darah. Daun ini dijadikan sebagai insulin alami untuk menyembuhkan diabetes. Makan sayur daun kelor bisa mencegah penyakit gula darah atau diabetes. Diabetes ini disebabkan karena kekurangan hormon insulin.

2. Manfaat daun kelor mencerahkan kulit

Kandungan vitamin c Daun kelor dan antioksidan yang sangat tinggi. Zat tersebut sangat baik untuk kesehatan kulit. Daun kelor untuk sayur dan dikonsumsi secara rutin dapat menghaluskan kulit dan mencegah jerawat pada kulit. Cara penggunaan dengan Daun kelor ditumbuk juga bisa dijadikan sebagai masker wajah yang bisa membuat kulit wajah semakin sehat.

3. Mengatasi kanker

Antioksidan dalam daun kelor sangat tinggi di dalamnya. Daun kelor juga mengandung potasium yang banyak. Kegunaan dari daun kelor bisa untuk mencegah kanker. Khasiat daun kelor untuk kanker dapat memperlambat bahkan menghentikan dan menghilangkan kanker dalam tubuh.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dengan konsumsi daun kelor setiap hari mampu meningkatkan kekebalan. Maka dari itu tubuh anda tidak mudah sakit. Daun kelor bisa meningkatkan kekebalan tubuh dari berbagai virus yang ada. Sehingga cocok untuk anda yang bekerja keras setiap hari.

5. Menyehatkan mata

Memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik untuk mata ada pada daun ini. Mengkonsumsi daun kelor bisa menjadikan mata selalu dalam keadaan sehat dan jernih. Penyakit mata juga dapat diatasi menggunakan daun kelor ini. Cara penggunaan dengan dimakan langsung. Atau dengan air rebusan daun kelor. Kemudian dibasuhkan pada mata yang sakit setiap hari sampai sembuh.

6. Mengobati rematik

Daun kelor juga mampu untuk mengobati rematik. Dengan pengobatan rematik dapat mengurangi rasa sakit sendi dan dapat mengurangi penumpukan asam urat pada sendi. Dengan konsumsi daun ini secara rutin maka bisa menyembuhkan rematik atau asam urat.

7. Menghilangkan flek wajah

Ternyata daun kelor mampu untuk mengatasi wajah bernoda. Dengan flek wajah ini tentu sangat mengganggu bagi banyak orang terutama wanita. Cara mengatasi flek wajah dengan daun kelor yang masih muda. Dengan menumbuk sampai halus. Kemudian pakailah sebagai bedak wajah atau dapat juga dicampur dengan bedak. Kemudian oleskan pada wajah anda.

Demikian informasi mengenai manfaat daun kelor bagi kesehatan. Sebenarnya masih banyak khasiat dari daun kelor bagi tubuh anda. Semoga informasi tersebut berguna untuk anda. Terima kasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.