Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Secara Alami

Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Secara Alami – Gula darah adalah kondisi keadaan glukosa dalam darah seseorang. Glukosa ialah sumber energi utama dalam tubuh ketika dialirkan melewati darah. Jika kondisi kadar gula manusia terlalu tinggi malah akan memicu terjadinya penyakit. Penyakit yang menyerang saat kadar gula dalam darah mulai melebihi dari batas normal yakni diabetes mellitus. Sebaliknya, kondisi kadar gula darah rendah juga tidak baik yang biasa disebut hipoglikemia. Dengan tanda tubuh lelah, mental yang semakin menurun dan sampai bisa kehilangan kesadaran.

Punya kadar gula di atas normal tentu ini harus cepat diatasi. Jika didiamkan akan memicu penyakit lain yang lebih fatal seperti ginjal, saraf, dll. Perawatan untuk menurunkan gula darah yaitu dengan berolahraga secara teratur. Jagalah berat badan agar selalu ideal dan periksa ke dokter secara rutin paling tidak 3 bulan sekali.

cara menurunkan kadar gula darah

Makan cukup dan bergizi sangat diperlukan untuk mengendalikan kadar gula darah. Aturlah pola makan terbaik supaya kondisi gula darah tubuh tetap normal. Konsumsi sayuran-sayuran yang menyehatkan dan buah segar untuk jus. Selain itu cara menurunkan kadar gula darah secara alami bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami berikut.

1. Cara Menurunkan Kadar Gula Darah dengan Cuka

Selain digunakan sebagai penambah rasa untuk makanan. Ternyata cuka dapat menghambat laju gula darah dan meningkatnya insulin. Cuka juga mampu meningkatkan perasaan kenyang setelah makan. Menurut penelitian mengkonsumsi makanan ditambah cuka maka kadar gula darah dan insulin menjadi normal. Bisa mengkonsumsi cuka apel sebagai obat penurun kadar gula.

2. Mengontrol Gula dengan Kayu Manis

Kayu manis memang berguna untuk mengatasi berbagai penyakit. Kayu manis mujarab dalam mengurangi gula darah dan mengurangi risiko diabetes. Berdasarkan penelitian ekstrak kayu manis baik untuk menurunkan glukosa dalam darah. Yakni kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Akan tetapi menggunakan kayu manis dalam jumlah besar dapat berbahaya. Alangkah baik konsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi kayu manis.

3. Menggunakan Kacang Almond

Kacang almond ternyata selain rasanya enak dimakan ternyata bisa sebagai pengontrol gula. Mengandung Mg, kaya serat dan protein baik untuk tubuh. Selain itu mengandung Kromium yang mampu membantu menurunkan kadar gula darah. Bisa dibeli di toko terdekat atau supermarket untuk camilan atau sebagai campuran masakan.

4. Mengatasi Gula dengan Bawang putih

Bawang putih memang biasa digunakan sebagai bumbu memasak. Jangan salah bahwa bawang putih telah digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dan gula dalam darah. Ekstrak bawang putih meningkatkan kandungan insulin pada orang diabetes. Walau menimbulkan bau nafas tidak sedap bahan ini bisa mengelola kadar gula darah anda.

5. Menurunkan Gula dengan Telur

Selain rasanya enak dimakan ternyata telur dapat digunakan untuk mengontrol kadar gula. Sebuah penelitian internasional obesitas ditemukan pada orang-orang yang kelebihan berat badan. Kemudian orang diabetes diberikan dua telur sehari untuk sarapan. Maka dengan mengkonsumsi telur dapat mengontrol rasa lapar dengan mengurangi insulin pasca makanan. Sehingga respon mengontrol nafsu makan dapat mencegah fluktuasi kadar glukosa dan insulin. Lihat juga cara membakar lemak badan.

Demikian informasi mengenai cara menurunkan kadar gula darah yang perlu diketahui. Masih banyak cara alami untuk mengurangi kadar gula dalam darah. Seperti kacang-kacangan, buah alpukat dan minyak zaitun. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini. Terima kasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.